Materi Geografi Sumber Daya Alam



1.Pengertian Sumber Daya Alam
Kehidupan manusia di bumi ditunjang oleh tersedianya sumber daya alam. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang paling canggih sekalipun, manusia akan tetap tergantung pada sumber daya alam.

Secara sederhana, sumber daya alam dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang terdapat di alam, biotik maupun fisik yang dapat dimanfaatkan manusia untuk mencukupi kebutuhannya dalam meningkatkan kesejahteraannya.
 Berikut beberapa pengertian sumber daya alam menurut beberapa ahli.
a.Chapman (1969) mengatakan bahwa sumber daya adalah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukannya. Selanjutnya ia membedakan adanya 3 pengertian sumber daya, yaitu:
1) Persediaan total (total stock);
2) Sumber daya (resources);
3) Cadangan (reserve).

b. Isard (dalam Soerianegara, 1977), sumber daya alam adalah  lingkungan dan bahan-bahan mentah yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan mensejahterakannya.

c. Suryanegara (1977), sumber daya alam adalah unsur-unsur alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

d. Irelan (dalam Soerianegara, 1977), sumber daya alam adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

e. Undang-undang No. 4 Tahun 1982 Pasal (5) menyebutkan: “sumber daya alam adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non hayati, dan sumber daya buatan”.

f. Katili (1983), sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.
Jadi, pengertian sumber daya alam adalah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

2.Faktor Keberadaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Keberadaan sumber daya alam di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain berikut ini.
A. Secara atronomis, Indonesia yang terletak di daerah tropika dengan curah hujan yang tinggi menyebabkan aneka ragam jenis tumbuhan dapat tumbuh subur. Oleh karena itu, Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuhan. Berikut ini gambar jenis-jenis tumbuhan buah yang tumbuh di Indonesia.

B. Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan jalur pergerakan lempeng tektonik dan pegunungan muda, yaitu sirkum Pasifik dan sirkum Mediterania. Letak geologis Indonesia menyebabkan di Indonesia banyak dijumpai rangkaian gunung aktif sehingga memungkinkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potensial untuk dimanfaatkan. Berikut ini gambar pertemuan lempeng di Indonesia.

3.Klasifikasi Sumber Daya Alam
Klasifikasi sumber daya alam dikategorikan menjadi beberapa kategori, yaitu sebagai berikut.
A. Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, sumber daya alam diklasifikasikan seperti berikut:
1)Sumber daya alam materi, yaitu bila yang dimanfaatkan adalah materi sumber daya alam tersebut. Contoh materi magnetif, hematif, limotif, siderit, dan pasir kuarsa dapat dilebur menjadi besi atau baja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia diantaranya: kerangka beton, bahan kendaraan, alat rumah tangga dan lain-lain.
2)Sumber daya alam hayati, yaitu sumber daya alam yang berbentuk makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, sedangkan sumber daya alam hewan disebut sumber daya alam hewani.
3)Sumber daya alam energi, yaitu bila barang yang dimanfaatkan manusia adalah energi yang terkandung dalam sumber daya alam tersebut contoh: bahan bakar minyak (bensin, solar, minyak tanah). Gas alam, batu bara dan kayu bakar merupakan sumber daya alam energi. Manusia menggunakan energi yang dihasilkan oleh sumber daya alam itu untuk memasak, menggerakan kendaraan,me sin industri dan lain-lain.
4)Sumber daya alam ruang, yaitu ruang atau tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya, makin besar kenaikan jumlah penduduk sumber daya alam ruang semakin sulit diperoleh. Ruang dalam hal ini dapat berarti ruang untuk mata pencaharian (pertanian dan perikanan) tempat tinggal, dan lain-lain.
5)Sumber daya alam waktu, sulit dibayangkan bahwa waktu merupakan sumber daya alam. Sebagai sumber daya alam waktu tidak berdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya. Contoh: air sulit untuk didapat pada musim kemarau akibatnya mengganggu tanaman pertanian.

B. Berdasarkan pemulihan, sumber daya alam dibagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
1)Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) adalah sumber daya yang dapat tersedia kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis. Namun demikian, apabila pemanfaatannya tidak terkendali, sumber daya alam ini dapat habis atau punah. Contohnya : air, udara, tanah, hewan dan tumbuhan.
a) Air
Air merupakan kebutuhan utama seluruh makhluk hidup. Bagi manusia selain untuk minum, mandi dan mencuci, air bermanfaat juga:
(1)sebagai sarana transportasi
(2)sebagai sarana wisata/rekreasi
(3)sebagai sarana irigasi/pengairan
(4)sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
Cekungan di daratan yang digenangi air terjadi secara alami disebut danau, misalnya Danau Toba di Sumatera Utara. Sedangkan cekungan di daratan yang digenangi air terjadi karena buatan manusia disebut waduk, misalnya waduk Sermo di Kulon Progo dan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri (Jateng).

b) Udara
Udara yang bergerak dan berpindah tempat disebut angin. Lapisan udara yang menyelimuti bumi disebut atmosfer. Lapisan Ozon berfungsi untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang di pancarkan oleh matahari. Angin dapat di manfaatkan juga sebagai sumber energi dengan menggunakan pembangkit listrik kincir angin.

c) Tanah
Tanah adalah lapisan kulit bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan batuan dan bahan organik yang hancur oleh proses alamiah. Tanah banyak di manfaatkan untuk menanam sumber daya alam pertanian. Pertanian meliputi tanaman untuk makanan pokok, seperti padi, jagung dan sagu.Palawija terdiri dari ubi-ubian dan kacang-kacangan; dan holtikultura yang meliputi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

d) Hewan
Hewan di Indonesia dapat digolongkan menjadi dua, yaitu hewan liar dan hewan piaraan. Hewan liar ialah hewan yang hidup di alam bebas dan dapat mencari makan sendiri, misalnya dari jenis burung, ikan dan serangga. Hewan piaraan ialah hewan yang dipelihara untuk sekadar hobi atau kesenangan semata, misalnya burung perkutut, marmut, kucing dan kakaktua. Hewan ternak ialah hewan yang dikembangbiakkan untuk kemudian dimanfaatkan atau diperjualbelikan.

e) Tumbuhan
Terdiri dari hutan, hutan merupakan unsur penting kehidupan karena hutan memiliki fungsi yang beragam. Pertanian, pesawahan dan berladang.Pembaruan bisa dilakukan atau terjadi dengan dua jalan yaitu secara reproduksi (hewan dan tumbuhan) dan pembaharuan dengan adanya siklus (air dan udara). Berikut ini gambar orang utan sebagai salah contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.


2) Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources) merupakan sumber daya alam yang pembentukannya berlangsung sangat lambat dalam waktu jutaan atau ratusan juta tahun. Oleh karena itu, jumlahnya relatif tetap atau berkurang karena dimanfaatkan dan akhirnya pada saatnya nanti akan habis. Seperti bahan ambang (minyak bumi, batu bara, gas alam, besi dan timah) Bahan tambang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui termasuk dalam waktu yang sangat lama dari mineral-mineral yang terdapat di bumi maupundari makhluk hidup.
a) Minyak bumi
Minyak bumi berasal dari hewan (plankton) dan jasad-jasad renik yang telah mati berjuta-juta tahun. Terbentuk pada zaman primer, sekunder dan tersier. Mutu minyak bumi di Indonesia cukup baik, kadar sulfur (belerang) minyak bumi di Indonesia sangat rendah sehingga mengurangi asap kotor yang menimbulkan pencemaran. Minyak bumi berperan penting dalam perekonomian Indonesia karena dapat menghasilkan devisa negara. Indonesia menjadi anggota organisasi Pengekspor minyak (OPEC) meskipun akhir-akhir ini Indonesia juga mengimpor minyak bumi dalam julah yang besar.

b) Batu bara
Batu bara berasal dari tumbuhan purba yang telah mati berjuta-juta tahun yang lalu. Batu bara banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan industri dan rumah tangga. Pada zaman dahulu batubara mempunyai peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan energi. Batu bara dapat diekploitasi melalui dua cara yaitu penambangan terbuka dan penambangan tertutup. Berikut ini gambar batu bara sebagai salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

c) Gas alam
Gas alam merupakan campuran beberapa hidrokarbon dengan kadar karbon kecil, terutama metan, propan, dan butan.yang digunakan sebagai bahan bakar. Ada dua macam gas alam cair yang diperdagangkan yaitu LNG dan LPG.

d) Besi dan Timah
Besi berasal dari bahan yang bercampur dengan tanah, pasir dan sebagainya. Besi merupakan bahan endapan dan logam yang berwarna putih. Timah berasal dari bijih-bijih timah yang tersimpan di dalam bumi. Ada dua macam timah yaitu timah primer dab timah sekunder. Timah primer adalah timah yang mengendap pertama kali pada batuan granit. Timah sekunder adalah endapan timah yang sudah berpindah dari tempat asalnya akibat proses pelapukan dan erosi.

C. Berdasarkan sifat, sumber daya alam dibagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati.
1) Sumber daya alam hayati
Sumber daya alam hayati (organik) materinya atau bahannya berupa jasad hidup, yaitu tetumbuhan dan hewan. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam organik antara lain kehutanan,  pertanian, peternakan, dan perikanan. Berikut ini gambar hutan sebagai salah satu contoh sumber daya alam hayati.

2) Sumber daya alam non hayati
Sumber daya alam anorganik (nonhayati), materinya berupa benda mati seperti benda padat, cair, dan gas. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam anorganik di antaranya  pertambangan mineral, air, tanah, batuan, minyak dan gas alam, dan energi. Berikut ini gambar air sebagai salah satu contoh sumber daya alam non hayati.

D. Berdasarkan lokasi, sumber daya alam dibagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam terrestrial dan sumber daya alam akuatik.
1) Sumber daya alam terrestrial
Sumber daya alam terrestrial adalah sumber daya alam yang terdapat di daratan, contohnya tanah, hutan dan bahan galian. Berikut ini gambar tanah sebagai salah satu contoh sumber daya alam terrestial.

2) Sumber daya alam akuatik
Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang terdapat di perairan, contohnya ikan, rumput laut dan energi gelombang. Berikut ini gambar ikan sebagai salah satu contoh sumber daya alam akuatik.

E. Sumber daya alam berdasarkan wujudnya dibagi menjadi beberapa yaitu:
1) Sumber daya alam berupa benda meliputi benda padat, cair dan gas.
2) Sumber daya alam bukan benda meliputi keindahan alam dan tenaga surya.

F. Berdasarkan pembentukannya dibagi menjadi beberapa yaitu:
1) Sumber daya alam biotik, adalah sumber daya alam yang terbentuk dari kehidupan atau sisa kehidupan. Contoh: minyak bumi dan batu bara.
2) Sumber daya alam abiotik adalah sumber daya alam yang terbentuk bukan dari kehidupan. Contoh: tembaga, bijih besi, emas, perak.

G. Sumber daya alam berdasarkan jumlah terdiri dari beberapa, yaitu:
1) Sumber daya yang di semua daerah ada dan jumlahnya banyak, seperti udara dan sinar matahari.
2) Sumber daya tidak di semua wilayah ada dan jumlah relatif terbatas, seperti minyak bumi, gas alam, emas perak, tembaga, timah dan batu bara.

0 Response to "Materi Geografi Sumber Daya Alam"

Post a Comment